Breaking

Jumat, 08 Maret 2019

Hukum Qunut Witir

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
FATAWA ASY-SYAIKH MUHAMMAD BIN HIZAM hafidzohulloh
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Hukum Qunut Witir
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📩Pertanyaan yang pertama-:

Apakah do'a yang ada pada witir terkhususkan dengan hadits Al-hasan bin 'Ali-: 
 اللهم اهدني فيمن هديت....
"Yaa Alloh berilah hidayah kepadaku sebagaimana engkau memberi hidayah terhadap orang yang engkau beri hidayah....."
Ataukah disyareatkan berdo'a (pada qunut witir) dengan doa yang lain?
Dan apakah juga disyareatkan memanjangkan do'a padanya..?

📝 الإجــــــــــــــــابة :-

📝Jawaban-:

القنوت في الوتر فعله بعض الصحابة رضوان الله عليهم، ثبت عن ابن مسعود رضي الله عنه أنه كان يقنت في السنة كلها، أخرجه الطبراني بإسناد صحيح، وثبت عن ابن عمر عند ابن أبي شيبة وغيره أنه كان يقنت في النصف الثاني من رمضان .

Qunut pada witir telah mengerjakannya sebagian shohabat -ridwanullohi 'alaihim. 🔵 Telah tetap dari Ibnu Mas'ud -rodhiallohu 'anhu- bahwasannya beliau melakukan qunut selama setahun penuh.  Imam At-thobrony telah mengeluarkan (riwayat)nya dengan sanad yang shohih, 
🔵 Dan telah tetap dari Ibnu 'Umar yang diriwayatkan oleh Ibnu Aby Syaibah dan selain beliau bahwasannya Ibnu Umar melakukan Qunut pada setengah yang kedua (15 hari terakhir) dari romadhon.

ولم يثبت حديث عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قنت في الوتر، وما ورد فيه فهو معل، لم يثبت، وقد جزم بعدم ثبوته جمع من الحفاظ منهم الإمام أحمد وابن خزيمة وابن المنذر والبيهقي، وغيرهم، والذين وصفوا قيام رسول الله صلى الله عليه وسلم كما في الصحيحين وغيرهما لم يذكروا القنوت فيه فقد وصف قيام رسول الله صلى الله عليه وسلم عدد من الصحابة كابن عباس وعائشة وعوف بن مالك وزيد بن أرقم، وابن مسعود وحذيفة وغيرهم، ولم يذكر أحد منهم القنوت.

‼️Dan tidaklah tetap hadits dari Nabi -shollalohu 'alaihi wasallam- bahwa beliau melakukan qunut pada witir. (Riwayat2) yang datang pada permasalahan qunut witir tersebut adalah hadits yang ada cacatnya. 
Tidaklah tetap (hadits tentang qunut witir Nabi).
Dan telah menegaskan tentang tidak adanya hadits yang tetap (shohih) sederetan para hufadz, diantara mereka adalah: 
✔️Imam Ahmad, 
✔️Ibnu Khuzaimah, 
✔️Ibnul Munzir dan 
✔️Al-baihaqy dan selain dari mereka.
(Selain itu) orang² yang mensifati qiyam (sholat witir) Nabi -shollalohu 'alaihi wasallam- sebagaimana dalam shohihain (Bukhory & Muslin) dan selain keduanya, mereka tidaklah menyebutkan qunut padanya. 
Sungguh telah mensifati qiyamnya Nabi -shollalohu 'alaihi wasallam- beberapa shohabat seperti 
✔️Ibnu Abbas, 
✔️'Aisyah, 
✔️'Auf bin Malik, 
✔️Zaid bin Arqom, 
✔️Ibnu Mas'ud dan 
✔️Hudzaifah dan selain dari mereka semua.., 
tidak satu pun dari mereka yang menyebutkan Qunut!

فالأقرب أنه يترك، وإذا قنت فليكن أحيانا كما فعله الصحابة رضوان الله عليهم، 

☑️Maka yang lebih dekat (dengan sunnah) bahwasannya qunut tersebut di tinggalkan, dan apa bila seseorang melakukan qunut maka lakukanlah sesekali sebagaimana telah mengerjakannya para shohabat -ridwanullohi 'alaihim ajma'in-.

Fawaaid:
Fawaaid:
2 ➖➖➖Lanjutan➖➖➖

ثم ما يتعلق بالدعاء فحديث الحسن أيضا اختلفوا فيه في ذكر قنوت الوتر، فقد روى الحديث شعبة وبعض الثقات بدون ذكر قوله في قنوت الوتر، بل جعلوه دعاء مطلقا. قال الحسن: علمني النبي ﷺ دعاء أدعو به ... فذكره. بدون تقييد في قنوت الوتر .

Kemudian yang berhubungan dengan do'a (pada qunut), hadits Al-hasan itu sendiri juga diperselisihkan (para ulama) mengenai penyebutan Qunut witir.
Telah meriwayatkan hadits tersebut:
✔️ Syu'bah 
✔️ dan sebagian rowi yang tsiqoh dengan tanpa penyebutan lafad (bahwa) do'a tersebut pada qunut witir.
Bahkan mereka menjadikan do'a tersebut sebagai do'a yang mutlaq (maksudnya tidak ada pengkhususan bhw doa ini dibaca pada qunut witir).

Al-hasan berkata-: "Nabi -shollalohu 'alaihi wasallam- telah mengajariku suatu do'a yang aku berdo'a dengannya..... maka beliau menyebutkan do'a tersebut, tanpa mengaitkanny pada qunut witir.

ولم يوجب أحد من أهل العلم الاقتصار على حديث الحسن بن علي رضي الله عنه، بل يشرع عندهم أن يقنت بغير ما ورد في حديث الحسن بن علي .

Dan tidak satupun dari kalangan Ahlul ilmi yang mewajibkan untuk membatasi bacaan qunut dengan hadits Al-hasan bin 'Ali -rodhiallohu 'anhu- bahkan di syareatkan disisi mereka untuk seseorang melakukan qunut dengan (do'a) selain yang datang pada hadits Al-hasan bin 'Ali.

وقد ورد عن عمر رضي الله عنه كما في سنن البيهقي أنه كان يقنت في الفجر يدعو على الكفار ويدعو للمسلمين، ويقنت بسورة الحفد والخلع المنسوختين .

Dan telah datang hadits dari Ibnu 'Umar -rodhiallohu 'anhu-  sebagaimana pada sunan Al-baihaqy bahwasannya beliau (Ibnu Umar) melakukan qunut pada sholat fajar; mendo'akan kejelekan pada orang² kafir dan mendo'akan kebaikan pada orang² muslim, dia berqunut dg membaca surat Al-Hifd dan Al-Khul' yg telah di-mansukh-kan.

وما يتعلق بالتطويل بالدعاء فليس هذا العمل من السنة فلم يفعله النبي ﷺ ولا الصحابة رضوان الله عليهم .

❎ Adapun yang bersangkutan dengan memanjangkan do'a maka ini bukanlah amalan sunnah, Nabi -Shollalohu 'alaihi wasallam- tidak melakukannya, tidak pula para Shohabat -ridwanullohi alaihim-.

وكذلك ترتيل الدعاء ليس من السنة، وتلحين الدعاء بمعنى تمطيطه والتغني به من البدع والمحدثات، وبالله التوفيق .

❎ Begitu pula tartil ketika membaca do'a bukanlah merupakan sunnah, 
dan "Talhin Ad-du'aa" yg maknanya adalah memanjangkannya dan melagukannya, maka ini merupakan kebid'ahan dan perkara² baru (dlm agama).

Hanya kepada Alloh kah (kita mengharapkan) Taufiq.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Diterjemahkan oleh: Wildan
Dengan koreksi dari: Abu Zakaria Irham.
Waffaqohumalloh.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Halaman